Sabtu, 08 November 2008

KIAT JITU MENJAWAB SOAL OPEN BOOK

Soal ujian open book pada salah satu mata kuliah hukum , biasanya termasuk kategori susah-susah gampang atau gampang-gampang susah. Gampangnya jawaban dapat dilihat di buku susahnya biasanya terbentur dengan waktu yang terbatas.

Perlu diingat , walaupun dengan membuka buku maka bila tidak menjawab dengan cepat dan tepat maka akan mengurangi nilai.

Kiat Jitu untuk menjawab soal dengan openbook maka yang perlu diperhatikan :
1. Pahami materi soal , baaca berulang kali biar jelas dan gamblang.
2. Jawablah dengan mengawali kata "Menurut saya..........." ini penting karena dengan pembuka kata tersebut membuktikan bahwa jawaban itu orisinil.
3. Bila diperlukan harus dengan kutipan pakar hukum , anda harus menjawab saya setuju atau tidak setuju dengan pendapat itu. Pendirian pendapat itu perlu.
4. Jawablah sesuai dengan pertanyaan yang ditanyakan dan berikan contoh yang aktual artinya anda dianggap memahami dan mengikuti perkembangan yang aktual.
5. Jawaban harus ditulis rapi dengan tinta yang jelas karena kalau tidak rapi kadang dosen malas memeriksa dan kasih nilai asal-asalan.
6. Jadi sistem openbook itu bukan berarti mencontek apa adanya , malah yang utama itu opini atau pendapat anda disertai dasar hukum atau kepustakaan yang relevan.

Dengan mengikuti langkah tersbut niscaya anda akan dapat Nilai A atau B .

Oke Selamat Belajar, jangan lupa dan jangan puas kalau IPK cuma 3


ANANG
9 NOV 2008

Tidak ada komentar: